Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Melalui Kegiatan Menggambar TK As- Shafly Simpang Gaung Kecamatan Gaung.
Abstract
Motorik halus ialah koordinasai otot yang
menghasilkan gerakan-gerakan halus. Kegiatan
menggambar pada anak usia dini adalah kegiatan yang
menggunakan motorik halus karena di dalam kegiatan
menggambar anak akan mengenggam, menulis, mewarnai dan
mencoret-coret.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
guru melalui kegiatan menggambar dalam perkembangan
motorik halus pada anak TK As-shafly Simpang Gaung
Kecamatan Gaung.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriftif.
Sabjek dalam penelitian ini adalah guru guru kelas B
yang berjumlah 3 orang, sadangkan objek dari penelitian
ini adalah peran guru dalam mengembangkan motorik halus
pada anak melalui kegiatan menggambar. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi
dalam pengelolaan data peneliti menggunakan teknik
tringgulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam
mengembangkan motorik halus TK As-Shafly Simpang Gaung
adalah sebagai fasilitator. Guru memfasilitasi siswa
dengan permainan tepung warna, serta memberikan
kegiatan menggambar karena dengan kegiatan menggambar
tersebut anak menggunakan motorik halus khususnya
menggunakan dibagian tangan.
Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan
bahwa peran peran guru TK As-Shafly Simpang Gaung dalam
mengembangkan motorik halus adalah sebagai fasilitator.