Peran Guru Terhadap Aktivitas Bermain Anak di TK As-Salam Pekan Arba Tembilahan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena diketahui
dalam proses bermain di luar kelas yang dilakukan oleh
guru terlihat ada beberapa guru yang dalam mengendalikan
tingkah laku anak dengan menakuti anak, ada anak saat
bermain hampir berkelahi dengan temannya, ada anak yang
hampir melanggar aturan guru, dan kurangnya pagar yang
memadai di lingkungan sekolah, Sehingga peneliti
membatasi masalahnya menjadi peran guru dalam bermain
terhadap aktivitas bermain anak di TK As-Salam Pekan
Arba Tembilahan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran guru terhadap aktivitas bermain anak di
TK As-Salam Pekan Arba Tembilahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif.
informan kunci dari penelitian ini adalah guru yang
berjumlah 3 orang termasuk kepala sekolah di TK As-Salam
Pekan Arba Tembilahan. Sedangkan yang menjadi informan
tambahan adalah Kepala yayasan dan anak didik. Teknik
pengumpulan data yakni wawancara terstruktur, observasi,
dan dokumentasi. Adapun dalam pengelolaan data peneliti
menggunakan teknik trianggulasi data dan teknik analisis
data peneliti menggunakan metode Miles and Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pada
aktivitas bermain anak berperan sebagai, perencana
(designer), sebagai pengamat, sebagai model, sebagai
fasilitator, sebagai elaborator, dan sebagai evaluator.
Hal ini dibuktikan salah satunya dengan adanya
keterlibatan guru dalam bermain dan banyaknya fasilitas
bermain yang terdapat di sekolah untuk memudahkan anak
bermain.
Kesimpulan penelitian ini adalah guru telah
melaksanakan semua tugasnya sebagai guru dalam bermain
terhadap aktivitas bermain anak di TK As-Salam Pekan
Arba.