Hubungan Pembelajaran yang Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Indragiri Hilir
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi
pendahuluan yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Indragiri Hilir bahwa masih ada guru yang kurang
kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran dilihat
dari penggunaan metode yang digunakan guru masih monoton,
selain itu, masih terdapat kurangnya prestasi belajar
siswa, dilihat dari masih sedikitnya siswa yang berani
mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan ketika guru
memberi pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pembelajaran yang kreatif pada mata pelajaran
tematik terpadu. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran tematik terpadu. Untuk mengetahui
apakah ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran
yang kreatif terhadap prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran tematik terpadu.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan metode korelasi. Subjek yang diteliti adalah guru
kelas dan siswa, adapun objeknya adalah pembelajaran yang
kreatif terhadap prestasi belajar siswa. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 65 siswa. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun
teknik analisa data menggunakan rumus korelasi pearson
product moment.
Pembelajaran yang kreatif di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Indragiri Hilir mencapai angka 75,69% termasuk
katagori BAIK kerena angka 75,69% berada pada interval
61%-80%. Prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Indragiri Hilir mencapai angka 68,77% termasuk
katagori BAIK kerena angka 68,77% berada pada interval
61%-80%. Ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran
yang kreatif terhadap prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran tematik terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Indragiri Hilir. Hal ini dibuktikan dengan nilai =
2,102 , = 1,671 maka H0 ditolak dan Ha diterima.