• Login
    View Item 
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah
    • View Item
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Pembelajaran yang Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Indragiri Hilir

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Junita Saputri (2.782Mb)
    Date
    2021-02-22
    Author
    Saputri, Junita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi pendahuluan yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Indragiri Hilir bahwa masih ada guru yang kurang kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran dilihat dari penggunaan metode yang digunakan guru masih monoton, selain itu, masih terdapat kurangnya prestasi belajar siswa, dilihat dari masih sedikitnya siswa yang berani mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan ketika guru memberi pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang kreatif pada mata pelajaran tematik terpadu. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik terpadu. Untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran yang kreatif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek yang diteliti adalah guru kelas dan siswa, adapun objeknya adalah pembelajaran yang kreatif terhadap prestasi belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan rumus korelasi pearson product moment. Pembelajaran yang kreatif di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Indragiri Hilir mencapai angka 75,69% termasuk katagori BAIK kerena angka 75,69% berada pada interval 61%-80%. Prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Indragiri Hilir mencapai angka 68,77% termasuk katagori BAIK kerena angka 68,77% berada pada interval 61%-80%. Ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran yang kreatif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Indragiri Hilir. Hal ini dibuktikan dengan nilai = 2,102  , = 1,671 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
    URI
    https://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/72
    Collections
    • Skripsi - Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah [71]

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin
     

     

    Browse

    Scientific RepositoryAll CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin