Kemampuan Guru Kelas Dalam Mengelola Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Nusantara Jaya Kecamatan Keritang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan
guru kelas dalam mengelola pembelajaran di Madrasah
Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Nusantara Jaya Kecamatan
Keritang. Untuk mengetahui faktor-faktor kendala pada
kemampuan guru kelas dalam mengelola pembelajaran di
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Nusantara Jaya
Kecamatan Keritang.
Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah
deskriptif kuantitatif yaitu dalam penelitian ini
adalah untuk melihat, meninjau dan menggambarkan dengan
angka tentang objek yang diteliti seperti apa adanya
dan menarik kesimpulan tentang hal tersebut sesuai
fenomena yang tampak pada saat penelitian dilakukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru kelas
dalam mengelola pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah
Nurul Huda Desa Nusantara Jaya Kecamatan Keritang,
dengan persentase 40,71% diantara rentang interval
angka 41%-60% maka dikategorikan “cukup baik”.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan
melalui observasi dan wawancara dapat penulis simpulkan
bahwa :Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
daring dan luring di Madrasah Ibtidaiyah Nurul huda
Desa Nusantara Jaya Kecamatan Keritang, tergolong
“cukup baik” hal ini didapat dari hasil observasi
dengan jumlah 40,71% karena terdapat pada interval 41%-
60%. Adapun faktor yang menjadi kendala dalam mengelola
pembelajaran tatap muka di Madrasah Ibtidaiyah Nurul
huda Desa Nusantara Jaya Kecamatan Keritang adalah
Faktor siswa, faktor guru, faktor lingkungan.