Pengaruh Metode Bercakap-Cakap terhadap Keterampilan Berbicara pada Kelompok A di Pendidikan Anak Usia Dini As-Shofa Tembilahan Hulu
Abstract
Pada penelitian yang dilakukan di kelompok A PAUD As-Shofa Tembilahan Hulu ditemukan beberapa anak yang masih kurang baik dalam hal berbicara, hal tersebut terlihat pada saat anak ditanya oleh guru anak cenderung diam saja, faktor metode yang digunakan juga berpengaruh terhadap ketertarikan anak untuk mengungkapkan pendapatnya atau berbicara. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercakap-cakap terhadap keterampilan berbicara pada kelompok A di PAUD As-Shofa Tembilahan Hulu.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest and Post-test Design. Dalam penggunaan desain penelitian ini hanya terdapat kelompok eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak pada kelompok A yaitu sebanyak 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Matched Pairs Test.
Berdasarkan hasil penelitian dengan uji wilcoxon dapat diketahui bahwa Thitung<Ttabel (0<34) dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Jadi, apabila Thitung<Ttabel maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode becakap-cakap terhadap keterampilan berbicara pada kelompok A di PAUD As-Shofa Tembilahan Hulu.