Peran Guru Terhadap Aktivitas Bermain Anak di TK As-Salam Pekan Arba Tembilahan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada minat belajar
anak usia dini Raudhatul Athfal An-Nur Tembilahan yang
masih belum berkembang secara optimal. Beberapa rumusan
masalah pada penelitian ini yaitu: Bagaimana metode
bercerita di Raudhatul Athfal An-Nur Tembilahan?
Bagaimana minat belajar anak di Raudhatul Athfal An-Nur
Tembilahan? Apakah terdapat hubungan antara metode
bercerita dengan minat belajar anak usia dini di
Raudhatul Athfal An-Nur Tembilahan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana
metode bercerita di Raudhatul Athfal An-Nur Tembilahan.
Bagaimana minat belajar anak di Raudhatul Athfal An-Nur
Tembilahan. Apakah terdapat hubungan antara metode
bercerita dengan minat belajar anak usia dini di
Raudhatul Athfal An-Nur Tembilahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang guru dan
55 orang siswa (kelas B1, B2 dan B3) di Raudhathul Athfal
An-Nur Tembilahan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi.
Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan
menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil analisa data melalui observasi dapat
disimpulakn sebagai berikut: metode bercerita yang
dilaksanakan guru di Raudhatul Athfal An-Nur Tembilahan,
mencapai angka 93,3% dan dikategorikan sangat baik,
karena angka 93,3% terletak pada 81% - 100%. Minat
belajar anak usia dini di Raudhatul Athfal An-Nur
Tembilahan, mencapai angka 90,4% dan dikategorikan sangat
baik, karena angka 90,4% terletak pada 81% - 100%.
Terdapat hubungan yang signifikan antara metode
bercerita dengan minat belajar anak usia dini di
Raudhatul Athfal An-Nur Tembilahan, yang ditunjukkan
dengan thitung ttabel (25,64 2,00324). Artinya 25,64
2,00324 maka Ho ditolak, angka 25,64 terletak pada daerah
penolakan, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima