Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Pendidikan Anak Usia Dini Ar Ridha Desa Tasik Raya Kecamatan Batang Tuaka
Abstract
Permasalahan yang dijumpai peneliti di Pendidikan
Anak Usia Dini Ar Ridha Desa Tasik Raya Kecamatan
Batang Tuaka yaitu sebagian besar anak belum mengenal
huruf, sebab kesulitan dalam membaca lambang bunyi. Ada
juga sebagian anak yang kesulitan menyebutkan huruf
tertentu. Permasalahan tersebut dirumuskan sebagai
berikut: Bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal
huruf melalui metode permainan kartu huruf pada
Pendidikan Anak Usia Dini Ar Ridha Desa Tasik Raya
Kecamatan Batang Tuaka?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui metode
permainan kartu huruf pada Pendidikan Anak Usia Dini Ar
Ridha Desa Tasik Raya Kecamatan Batang Tuaka.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam
2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali
pertemuan yang dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu:
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah guru dan
siswa di Pendidikan Anak Usia Dini Ar Ridha Desa Tasik
Raya Kecamatan Batang Tuaka. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi,
catatan lapangan, dan dokumentasi, serta dianalisa
dengan menggunakan rumus persentase P = F
⁄N × 100%.
Hasil analisa data menunjukkan kemampuan mengenal
huruf siswa, yaitu pada pra siklus adalah 8 orang siswa
(44,44%), pada siklus I dan pada siklus II meningkat
menjadi 18 orang siswa (100%).
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah
kemampuan mengenal huruf Anak Usia Dini Ar Ridha Desa
Tasik Raya Kecamatan Batang Tuaka meningkat melalui
metode permainan kartu huruf.