Upaya Guru dalam Mengembangkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B di TK As-Salam Pekan Arba Tembilahan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena perkembangan sosial emosional anak masih belum berkembang secara maksimal. Sehingga masih ada anak yang memiliki rasa amarah ketika dilarang bermain, masih ada anak yang berebutan permainan, dan berkelahi dengan teman sebaya, serta sebagian ada anak yang sulit dikontrol ketika belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru, faktor penghambat dan pendukungnya dalam mengembangkan perkembangan sosial emosional anak kelompok Bdi TK As-Salam Pekan Arba Tembilahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pengelolaan data peneliti menggunakan teknik Tringgulasi data.
Hasil temuan menunjukkan:(1)memberikan perhatian kepada anak dapat diketahui dari sikap para guru, seperti menyapa, tersenyum, memberikan arahan dan memberikan pelukan, (2)mengenalkan emosi positif dan negatif beserta dampaknya pada anak dapat dilakukan dengan metode bercerita, (3)kebutuhan yang dapat diberikan kepada anak seperti rasa aman, rasa nyaman dan rasa kasih sayang,(4) perilaku positif yang diberikan kepada anak dapat dilakukan dengan cara pembiasaan yang selalu dilakukan disekolah, (5)memberikan penguatan kepada anak dapat dilakukan dengan cara pujian, dan reward, (6)memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih dan mengaktualisasikan kegemarannya dapat dilakukan dengan memberikan waktu dan kegiatan bebas dalam memilih kegemarannya, (7)menjalin komunikasi dengan anak dapat dilakukan dengan cara menyapa, memberikan tanya jawab, dan mengajak anak untuk bercerita, (8)memberikan contoh perilaku yang baik kepada anak seperti percaya diri, mengontrol diri, suka berbagi dan disiplin, (9)memberikan kesempatan kepada anak untuk melaksanakan kegiatan bermain sosial dengan cara yakni memberikan kebebasan dalam memilih permainan.