Kemampuan Kreativitas Mengajar Guru Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir
Abstract
Guru sebagai pendidik atau pengajar merupakan
penentu kesuksesan dalam pendidikan. Oleh sebab itu,
guru dituntut untuk mengembangkan kreativitasnya dalam
proses belajar mengajar dalam pembelajaran luring.
Guru belum menciptakan pembelajaran yang memberi
peluang kepada siswa untuk aktif dan bekerja kreatif
selama pembelajaran berlangsung. Metode mengajar yang
digunakan guru masih monoton sehingga menimbulkan
kebosanan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kemampuan kreativitas mengajar guru kelas III dalam
pembelajaran luring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Indragiri Hilir, dan faktor-faktor yang mempengaruhi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 4
orang guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Indragiri Hilir. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa
dengan menggunakan rumus persentase P = F
⁄N × 100%.
Hasil analisa data melalui observasi dan wawancara
dapat disimpulkan sebagai berikut: kemampuan
kreativitas mengajar guru kelas III di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir, mencapai angka
72,22% dan dikategorikan baik, karena angka 72,22%
terletak pada interval 61% - 80%. Faktor-faktor yang
mempengaruhi baiknya kemampuan kreativitas mengajar
guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Indragiri Hilir, adalah: Guru telah mampu melibatkan
mereka dalam segala aktivitas pembelajaran. Guru telah
mampu memberikan motivasi kepada siswa baik secara
verbal maupun non verbal. Guru telah mampu
mengembangkan strategi pembelajaran (penerapan
pendekatan, metode, model dan tehnik) dalam proses
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan
karakter materi. Guru telah mampu berimprovisasi dalam
proses pembelajaran. Guru telah mampu membuat dan
mengembangkan bahan ajar yang variatif.