Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas di Pendidikan Anak Usia Dini Harapan Bunda Kecamatan Enok
Abstract
Pengelolaan kelas yang baik dapat menunjang
optimalnya proses pembelajaran siswa di kelas yang
melatar belakangi penelitian ini. Permasalahan dalam
penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana
strategi guru dalam pengelolaan kelas di Pendidikan
Anak Usia Dini Harapan Bunda Kecamatan Enok?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
strategi guru dalam pengelolaan kelas di Pendidikan
Anak Usia Dini Harapan Bunda Kecamatan Enok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kuantitatif. Informan dalam penelitian ini adalah
5orang guru di di Pendidikan Anak Usia Dini Harapan
Bunda Kecamatan Enok. Alat pengumpulan data menggunakan
wawancara, dan dokumentasi. Teknil analisa data
trianggulasi data.
Hasil analisa data melalui wawancara dan
dokumentasi menunjukkan guru telah mengatur tempat
duduk siswa sedemikian rupa, hingga siswa merasa nyaman
mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru telah menata dan
menyimpan media pembelajaran dengan baik dan rapi.
Kebersihan kelas juga selalu dipelihara secara bersamasama
dengan siswa. Suasana kelas yang ribut selalu
diatasi dengan cara yang bijaksana.
Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut:
Strategi guru dalam pengelolaan kelas di Pendidikan
Anak Usia Dini Harapan Bunda Kecamatan Enok dapat
dinyatakan baik.