Peran Keluarga dalam Mengembangkan Sosial-Emosional Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan
Abstract
Peran orang tua terhadap anak sejak usia dini
mempunyai pengaruh lebih besar terhadap perkembangan
sosial emosional (yang akan berdampak pada perilaku)
anak jika dibandingkan dengan pendidikan pada usia
remaja atau beranjak dewasa. Keluarga sebagai suatu
faktor dasar dalam pembentukan kepribadian anak dimana
anak akan menyerap seluruh pengalaman yang ditangkap
oleh inderanya tanpa seleksi, pengalaman itu tidak akan
hilang dan akan membentuk pola kepribadian.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui peran keluarga dalam mengembangkan sosialemosional
anak usia dini pada masa pandemi covid-19 di
Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan dan apa
saja faktor-faktor yang mempengaruhi peran keluarga
tersebut.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Adapun informan utama dalam
penelitian ini adalah keluarga Bapak Aziz Maulana yang
terdiri dari 4 anggota keluarga. Data dalam penelitian
ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul
dianalisa melalui model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa
secara umum peran keluarga dalam mengembangkan
kemampuan sosial-emosial anak usia dini pada masa
pandemi sudah berperan dengan sangat baik dan sudah
memenuhi aspek-aspek perkembangan sosial-emosional pada
anak usia dini dengan persentase 83%, yang masuk pada
interval 81%-100% dan dikategorikan “Sangat Baik”. Dan
Faktor-faktor yang mempengaruhi peran keluarga dalam
mengembangkan sosial emosional anak usia dini pada masa
pandemi di kelurahan Sungai Beringin Kecamatan
Tembilahan antara lain faktor lingkungan keluarga dan
faktor dari luar keluarga.