• Login
    View Item 
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Media Boneka Jari Melalui Metode Bercerita Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini A1-Akbar Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Nita Widya Dinata (3.756Mb)
    Date
    2022-07-28
    Author
    Dinata, Nita Widya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada penelitian yang dilakukan dikelompok A Pendidikan Anak Usia Dini Al-Akbar Sungai beringin di kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir terdapat 15 orang anak, terdapat ditemukan 10 permasalahan kemampuan berbicaranya yg masih rendah. Faktor metode dan media yang digunakan juga berpengaruh dengan ketertarikan anak untuk untuk berbicara. Karna terdapat kendala guru dalam memanfaatkan pembelajaran, kurangnya pengetahuan guru dalam memahami pentingnya penggunaan media dalam bercerita, guru kurang menguasai teknik bercerita, dan guru kurang kreatif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media boneka jari melalui metode bercerita: Pengaruhnya terhadap kemampuan berbicara anak di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Akbar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest and Post-test Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes lisan dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Wilcoxon Matched Pairs serta dianalisa dengan menggunakan rumus persentase P = F/N X 100%. Berdasarkan hasil penelitian ada pun hasil Pretest didapat 264 dengan nilai rata-rata 17,6. Treatment (perlakuan) didapat 36 dengan jumlah 720 dengan hasil presentase 1,800%. Post-test (sesudah pemberian perlakuan) didapat 360 dengan nilai rata-rata 24. Adapun dengan Uji Wilcoxon dapat diketahui bahawa Thitung ≤ Ttabel (0,0666 ≤ 25). taraf signifikan sebesar 0,05 Ha diterima Ho ditolak. Kesimpulkan terdapat pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan bercerita pada kelompok A di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Akbar Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.
    URI
    https://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/292
    Collections
    • Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [55]

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin
     

     

    Browse

    Scientific RepositoryAll CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin