Penggunaan Media Boneka Jari Melalui Metode Bercerita Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini A1-Akbar Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir
Abstract
Pada penelitian yang dilakukan dikelompok A
Pendidikan Anak Usia Dini Al-Akbar Sungai beringin di
kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir
terdapat 15 orang anak, terdapat ditemukan 10
permasalahan kemampuan berbicaranya yg masih rendah.
Faktor metode dan media yang digunakan juga
berpengaruh dengan ketertarikan anak untuk untuk
berbicara. Karna terdapat kendala guru dalam
memanfaatkan pembelajaran, kurangnya pengetahuan
guru dalam memahami pentingnya penggunaan media dalam
bercerita, guru kurang menguasai teknik bercerita,
dan guru kurang kreatif.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui penggunaan media boneka jari
melalui metode bercerita: Pengaruhnya terhadap kemampuan
berbicara anak di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Akbar.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan
kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design
dengan jenis One Group Pretest and Post-test Design.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
tes lisan dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan
menggunakan rumus Wilcoxon Matched Pairs serta
dianalisa dengan menggunakan rumus persentase P = F/N
X 100%.
Berdasarkan hasil penelitian ada pun hasil Pretest
didapat 264 dengan nilai rata-rata 17,6. Treatment
(perlakuan) didapat 36 dengan jumlah 720
dengan hasil presentase 1,800%. Post-test
(sesudah pemberian perlakuan) didapat 360 dengan
nilai rata-rata 24. Adapun dengan Uji Wilcoxon dapat
diketahui bahawa Thitung ≤ Ttabel (0,0666 ≤ 25). taraf
signifikan sebesar 0,05 Ha diterima Ho ditolak.
Kesimpulkan terdapat pengaruh metode bercerita
terhadap kemampuan bercerita pada kelompok A di
Pendidikan Anak Usia Dini Al-Akbar Sungai Beringin
Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.