Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar di Raudhatul Athfal Fathurrahman Tembilahan
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan
membaca dan menulis siswa di Raudhatul Athfal
Fathurrahman Tembilahan masih rendah yaitu selalu
tertukar dalam menulis dan melafalkan huruf, yang
disebabkan oleh belum digunakannya media pembelajaran
yang tepat dan menarik.
Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan
sebagai berikut: Bagaimana upaya guru dalam
meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada kelas
B5 dengan menggunakan media kartu kata bergambar di
Raudhatul Athfal Fathurrahman Tembilahan?
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam
2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali
pertemuan yang dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu:
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah guru dan
siswa di Raudhatul Athfal Fathurrahman Tembilahan. Data
dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan
teknik observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi,
serta dianalisa dengan menggunakan rumus persentase P =
F
⁄N × 100%.
Hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa
peningkatan kemampuan membaca dan menulis dengan
menggunakan media kartu kata bergambar di Raudhatul
Athfal Fathurrahman Tembilahan, yang ditunjukkan
sebagai berikut: Terjadi peningkatan aktivitas guru
dengan menggunakan media kartu kata bergambar, dari
42,86% menjadi 100%. Terjadi peningkatan aktivitas
siswa dengan menggunakan media kartu kata bergambar,
dari 42,86% menjadi 100%. Hasil belajar siswa dengan
menggunakan media kartu kata bergambar, dari 1490
meningkat menjadi 2218 dengan rata-rata 62,08 menjadi
92,42. Ketuntasan hasil belajar siswa dengan
menggunakan media kartu kata bergambar, dari 29,17%
meningkat menjadi 100%.