Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di Taman Kanak-Kanak As-Shafly Kecamatan Gaung
Abstract
Kedisiplinan merupakan suatu kondisi yang tercipta
dan terbentuk melalui proses serangkaian perilaku yang
menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan,
keteraturan dan ketertiban.
penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya apa
saja yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan
kedisiplinan guru di Taman Kanak-Kanak As-Shafly
Kecamatan Gaung, dan faktor-faktor yang
mempengaruhiupaya kepala sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Informan penelitian ini yaitu guru di Taman
Kanak-Kanak As-Shafly Kecamatan Gaung. Data dalam
penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik
triangulasi data dan langkah-langkah sebagai observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil observasi mengenai upaya kepala sekolah
dalam meningkatkan kedisiplinan guru di Taman Kanak-
Kanak As-Shafly Kecamatan Gaung tergolong “sangat baik”
dengan persentase 96,23%. Hal ini didukung dengan
kerjasama para guru.
Dengan demikian kesimpulan kedisiplinan akan
terwujud apabila kepala sekolah melakukan pendekatan
ke guru secara personal dengan membuat dan melaksanakan
peraturan serta mengawasi.