Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Sosial Emosional Anak di KB Ummul Qur’an Tembilahan
Abstract
Lingkungan Sekolah merupakan lingkungan
pendidikan Lingkungan Sekolah merupakan kesatuan
ruangan dalam lembaga pendidikan formal yang
secara sistematis melaksanakan program bimbingan,
pengajaran, atau pelatihan dalam rangka membantu
para anak agar mampu mengembang kompetensinya
secara optimal, baik yang menyangkut aspek moral
spiritual, intelektual, emosional, sosial, maupun
fisik motorik nya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap
social emosional anak di KB Ummul Qur’an
Tembilahan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis
penelitian analisis kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini anak usia 4-6 tahun yang berada di
KB Ummul Qur’an Tembilahan. Data dalam penelitian
ini menggunakan teknik angket, tes dan
dokumentasi. Data dianalisis menggunakan rumusan
alisis statistik deskriptif, regresi sederhana dan
uji t.
Hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai
berikut: Berdasarkan pembahasan data melalui
observasi pada variabel X dan Tes variabel Y dapat
dilakukan Analisa. Data terhadap kedua variable
diatas didapati hasil thitung ≥ ttabel atau 190,3 ≥
1,729 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian terdapat pengaruh lingkungan
sekolah terhadap social emosional anak di KB Ummul
Qur’an Tembilahan.